5 Kelebihan Jadi Orang Well Prepared

5 Kelebihan Jadi Orang Well Prepared

Apa sih 5 Kelebihan Jadi Orang Well Prepared? Ini bukan tentang mana yang lebih baik ya guys, jadi orang well prepared atau yang spontan-spontan aja, bukan. Tapi tentang gimana kita memahami apa kelebihan (dan kekurangan) masing-masing. Yuk dibahas!

1. Waktu Jadi Efektif

Jadi orang well prepared bikin kamu bisa memanfaatkan waktu dengan efektif guys. Simply karena kamu udah siapin segala sesuatunya. Jadi sebelum mulai pekerjaan, sudah tahu apa aja yang mau dilakukan. Beda kalau kamu suka mepet-mepet atau pas inget baru dikerjain, bisa-bisa banyak kerjaan yang lupa atau missed karena diburu waktu.

2. Bisa Antisipasi Kemungkinan Terburuk

Macet? Banjir? PPT belum disave dan mati lampu laptop abis batre? Wuih kayanya lagi apes banget ya. Itu beberapa kemungkinan buruk yang bisa kamu hadapi dalam melakukan pekerjaan apa pun. Tapi kalau kamu udah persiapan untuk hadapi itu, ya kamu bakal tenang-tenang aja ketika itu (amit-amit) terjadi.

3. Pekerjaan Lebih Rapi dan Produktif

Iya dong, kan sudah disiapkan dulu sebelumnya, jadi kamu tahu apa aja yang kamu kerjakan dan berapa banyak pekerjaan yang kamu bisa selesaikan. Hasilnya, pekerjaanmu jelas, rapi, dan pastinya produktif. Ini ngebantu banget untuk kegiatanmu yang lain bisa tetap berjalan. Karena kamu gak perlu lembur atau ke kampus di hari libur, tetep bisa jalan-jalan dinner romantis tanpa mikirin tugas, atau bisa matiin HP kantor tanpa takut boss nagih-nagih deadline. Enak kan?

4. Memudahkan Pekerjaan Tim

Ini sisi lain yang bisa jadi hal penting ketika kamu well-prepared. Karena gak selamanya kita berurusan sama diri kita sendiri. Bisa jadi kita harus kerja bareng temen satu kelompok, atau kerja bareng temen kantor satu departemen. Dengan persiapan yang baik, timmu gak perlu ribet nungguin pekerjaanmu karena pekerjaan mereka juga tergantung kapan kamu selesaikan bagianmu. Dan seperti di poin sebelumnya, kalau kamu udah kerja, boss gak bakal ngegangguin kamu minta laporan. Atau kalau kamu bossnya, timmu gak perlu nglembur demi nungguin update dari kamu atau cancel weekend escape mereka karena kamu sebagai pimpinan telat selesaiin bagianmu.

5. Melatih Kedisiplinan

Ada pepatah bilang, hal besar dicapai dari hal kecil yang dikumpulin (dilakuin) tiap hari. Gitu juga guys dengan kedisiplinan. Kalau kamu maksa seharian harus disiplin ikutin jadwal menit per menit harus ngapain, percaya deh besoknya bakal failed. Capek cuy!

Tapi beda kalau kamu lakuin satu-satu dan perbaiki satu-satu, tapi rutin. Tiap hari beresin satu, besoknya lagi satu, dan seterusnya. Gak berasa, itu jadi kebiasaan dan dengan sendirinya kamu jadi orang yang disiplin. Semua dimulai dari biasain diri persiapan dulu segala sesuatunya sebelum mulai beraktivitas.

Gimana? Tertarik jadi orang well prepared? Harvest bisa bantu loh, kamu bisa mulai catat planningmu apa hari itu dengan pakai notebook atau reminder dan tempel di depan meja kerja (belajar)mu. Lihat di sini ya pilihan-pilihan notebooknya!

Baca juga:

4 Hal yang Bikin Resolusi Tahun Barumu Gagal

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp us