Cara Belajar yang Menyenangkan

Cara belajar yang menyenangkan

Gimana sih cara belajar yang menyenangkan itu? Gak harus serius guys, gak harus duduk diem di satu tempat atau di ruangan tertutup menyendiri. Well, itu tergantung dari kita juga, cara mana yang paling efektif buat kita.

So, apa aja sih dan gimana cara belajar yang menyenangkan itu? Yuk kita simak aja.

1. Mind Map

Sumber Gambar

Siapa nih yang malah lebih suka bikin coret-coretan warna-warni dikasih garis yang menandakan logika berpikir atau materinya? Nah kamu bisa sebut itu sebagai mind mapping. Jadi gak harus catet kalimat per kalimatnya, tapi kamu tinggal tulis poin-poinnya, kasih garis penghubung di sana-sini dan jadilah catatan yang paling efektif buat kamu!

Dengan membuat mind map dan pulpen warna-warni juga bisa membuat belajar lebih menyenangkan dan tidak bisa membosankan. Menurut hasil penelitian, sebenarnya otak kita itu cenderung berpikir melingkar, holistik, dan kreatif. Jadi, kalau dipaksakan dan dimasukkan catatan-catatan dan informasi secara linier, wajar jika otak sulit menerimanya. Menggunakan mindmap disinyalir dapat meningkatkan daya ingat hingga 120% dan dapat meningkatkan kreativitas. Menggunakan mind map juga dapat menyingkat catatan dengan lebih efektif sehingga terkesan sedikit.

2. Siapin Cemilan

Siapkan beberapa camilan sehat untuk dimakan sambil belajar. Selain itu, camilan akan makin efektif jika kamu menggunakannya sebagai hadiah setelah menyelesaikan satu bagian tugas. Cobalah camilan sederhana, seperti apel atau pisang. Atau cemilan yang bervitamin agar belajar menjadi lebih bersemangat. Belajar dengan camilan juga bisa membuat belajar menjadi menyenangkan.

3. Buat Catatan Tabel

Gambar hanya ilustrasi. Sumber.

Ambil kertas A4 dan buatlah tabel. Gunakan pulpen berwarna warni, spidol, dll., dan tentukan warna. Misalnya, untuk matematika, kamu bisa menggunakan hijau neon untuk menulis rumus, biru untuk nama rumus, dan ungu untuk contoh soal. Selain tabel juga bisa dengan catatan kecil di journal atau di tempel di tempat-tempat yang mudah dilihat.

Jadi, mana yang paling cocok sama kamu? Boleh tuh langsung diterapin dengan nyatet di notebook atau jurnal dari Harvest!

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp us