5 Fakta Unik tentang Imlek

Chinese New Year 2020

Xi Nian Kuai Le! Gong Xi Gong Xi! Sebentar lagi Imlek nih, apa aja sih fakta-fakta yang ada di sekitar Imlek? Mungkin sudah sering kita tahu atau bahkan ikut menikmati kemeriahannya, tapi ternyata belum paham artinya. Nah sekarang saatnya kamu tahu!

1.Angpao

Angpao sebagai salah satu hal utama dalam Imlek. Biasanya yang boleh menerima angpao hanya kepada orang yang belum menikah. Lalu orang yang sudah menikah lah yang boleh memberikan angpao. Jumlah uang yang dimasukkan ke dalam angpao tidak boleh memuat angka empat maupun jumlah ganjil. Biasanya anak-anak sangat menyukai pemberian angpao tersebut. Kamu juga kan?

2. Warna Merah

Bagi etnis Tionghoa merah adalah warna keberuntungan. Warna merah juga melambangkan hoki, sejahtera, dan kekuatan. Hal lainnya yaitu dapat mengusir roh jahat atau makhluk buas dalam perayaan yang disebut Nian.

3. Keramas dan Bersih-bersih

Banyak yang mengatakan kalau membersihkan rumah saat perayaan Imlek akan menghilangkan hoki atau keberuntungan. Maka itu daripada berakibat buruk pada hal tersebut, mereka akan meninggalkan pekerjaan untuk membersihkan rumah dengan berkumpul bersama keluarga besar.

Selain itu, keramas pun memiliki peraturan yang sama. Jika seseorang keramas pada saat hari perayaan Imlek maka itu artinya ia telah mengusir keberuntungan dalam dirinya. Beberapa memang masih kental dengan tradisi adat Tiongkok yang menyebar hingga Indonesia. Bagi setiap orang terutama etnis Tionghoa meyakini hal tersebut sebagai pantangan terutama bagi semua aliran agama Buddha.

4. Petasan dan Barongsai

Ini salah satu yang paling ditunggu dalam perayaan Imlek! Tidak hanya ditujukan untuk kemeriahan, petasan dan barongsai ternyata diyakini dapat menakut-nakuti roh jahat yang akan mengacaukan perayaan Imlek. Dulunya, sebelum menggunakan petasan, etnis Tionghoa menggunakan batang bambu yang dibakar. Namun seiring perkembangan zaman, mereka menggantinya dengan petasan atau kembang api.

5. Hidangan Khas

Makanan yang disajikan oleh kaum Tiongho bervariasi. Diantaranya seperti kue lapis legit sebagai rezeki yang berlimpah, mie panjang melambangkan panjang umur, lalu ada kue mangkok, juga ada kue keranjang, serta banyak makanan lainnya yang disesuaikan dengan kedua belas shio. Makanan utama yang harus ada yaitu jeruk. Jeruk sebagai lambang keharmonisa bagi kehidupan.

Kamu merayakan Imlek? Sudah siapin angpao atau bakal dapet angpao nih?

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp us