Ini Pentingnya Mencatat. Poin Terakhir Keren Banget!

Pentingnya nyatet

Kamu harus tahu apa pentingnya mencatat untuk hidupmu. Mencatat apa maksudnya? Apa aja. Pelajaran atau materi dari guru atau dosenmu, atau instruksi dari atasanmu buat kamu yang sudah kerja, hasil meeting sama tim, ide-ide kreatif di kepalamu, atau pun reminder-reminder penting buat dirimu sendiri.

Jadi apa sih pentingnya mencatat?

1. Pertajam Daya Ingat

Memori kita terbatas loh, jadi kalau kita sedang mendapatkan informasi penting misal di dalam kelas, di ruang meeting, atau pun di kegiatan yang lain, kita perlu mencatatnya supaya kita bisa melihat kembali apa saja yang dibahas saat itu. Apalagi jika kegiatannya lebih dari 2 jam, tubuh dan otak kita sudah lelah sehingga ingatan kita makin lemah. Dengan nyatet, daya ingat kita akan dilatih karena indera pendengaran dan otak kita akan bekerja sama.

2. Merangsang Otak dengan Baik

Mendengar, berpikir, lalu menulis ulang apa yang telah didengar adalah cara terbaik untuk melatih kerja otak. Saat kita menulis, otak kanan dan otak kiri kita bekerja. Inilah maksudnya dapat merangsang otak dengan baik, karena kerja otak jadi seimbang.

3. Hidup Teratur

Urusan kita tidak hanya hari ini, tapi bisa juga besok, minggu depan, bulan depan, dst. Bisa juga berkaitan dengan orang lain, komunitas tertentu, atau jadwal banyak orang lain. Bikin catetan membuat aktivitas kita jadi teratur, begitu juga dampaknya ke kehidupan kita. Makin rapi kita menuliskan apa saja yang harus kita lakukan, makin jelas apa yang harus kita selesaikan dan bagaimana menjalaninya.

4. Tepat Waktu

Karena catetan yang rapi dan jelas, kamu pun terbiasa memperhatikan apa saja aktivitasmu dan kapan harus menyelesaikannya. Apalagi kalau kamu orangnya gampang lupa atau sering terlambat saat ada janji ketemu sama orang lain. Catet agendamu di kalender dan kasih reminder. Catatan itu akan bikin kamu siap-siap sebelumnya dan mengingatkan kamu sebelum hari H.

5. Bantu Kamu Jadi Sukses

Catharine M. Cox, seorang penulis buku, pernah mempelajari kebiasaan tiga ratus orang jenius, yaitu Isaac Newton, Einstein, dan Thomas Jefferson. Kamu tahu kan siapa mereka itu? Tapi tahukah kamu apa kesamaan dari mereka semua? Mereka adalah pencatat yang baik. Mereka penulis jurnal, rajin banget nulis di buku catatan mereka.

Kalau Thomas Edison malah menulis tiga juta halaman catatan, surat, dan pemikiran pribadinya dalam ratusan jurnal pribadi sepanjang hidupnya. Wow, sepenting itu nyatet sampai tokoh-tokoh dunia melakukannya.

Masih relevan di jaman sekarang? Justru semakin relevan karena makin ketatnya persaingan, cepatnya perkembangan teknologi dan banyaknya informasi yang kita terima. Kamu bisa pilih nulis di notebook tipis sebagai awal, buat mulai bangun kebiasaan nyatet. Atau kalau sudah biasa, kamu bisa coba pakai jurnal yang lebih detil. Harvest punya semua pilihannya buat kamu:

Notebook Harvest (tipis dan polos tanpa garis, bahan kertas coklat halus) cocok buat kamu yang baru mulai belajar rajin nyatet. Atau jurnal Ready Set Goals buat kamu yang siap nyatet lebih detil di buku yang relatif tebal.

Leave a Reply

WhatsApp WhatsApp us